IPTEK  

Waspadai Virus Ransomware Petya, Lembaga Sandi Negara Beri 3 Tips Cara Mencegah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Dalam dua hari belakangan ini, kembali mencuak soal penyebaran virus bernama Ransomware Petya. Virus ini dikabarkan punya kemampuan melumpuhkan sistem jaringan perbankan, jaringan listrik, dan jaringan komunikasi.

Mengetahui hal itu, Lembaga Sandi Negara memberi sejumlah tips cara mencegahnya. Melalui akun twitter resminya @Lemsaneg_RI, lembaga ini mengingatkan bahaya virus Ransomware Petya.

“Ransomware Petya dikabarkan telah menyebar begitu cepat dan menginfeksi pengguna komputer di Eropa, seperti Rusia, Denmark, Ukraina, Spanyol, Prancis, Inggris, dan India,” terangnya pada Rabu (28/6/2017).

Baca Juga:  Sengketa Paten Sejak 2011, Samsung Diwajibkan Bayar Ganti Rugi Rp 7,5 Triliun ke Apple

Agar terbebas dari virus perusak jaringan ini, berikut 3 tips yang ditawarkan oleh Lembaga Sandi Negara.

Pertama, Ransomware Petya membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menginfeksi komputer. Komputer seperti melakukan proses checking disk (CHKDSK), padahal saat inilah Petya mengekripsi hard drive.

“Jika hal itu sudah terjadi, diimbau untuk segera matikan komputer Anda. Jangan lupa mengambil file-file penting dari komputer dengan LiveCD,” jelasnya.

Baca Juga:  Energi Terbarukan Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion 974

Kedua, Ransomware Petya memanfaatkan celah pada Microsoft SMBv1. Pencegahannya dapat dilakukan dengan menginstal patch MS17-010 dan menonaktifkan fungsi SMBv1.

“Selain itu, juga disarankan mengupdate signature antivirus. Karena beberapa produk antivirus dilaporkan telah dapat mengidentifikasi Petya,” lanjutnya.

Ketiga, bagi admin sistem, diimbau agar jaringan network diperbaharui, kemudian pantau port service 139/445 firewall.

“Pencegahan dapat dilakukan dengan mematikan service jika terdapat aktivitas mencurikan,” tutupnya. (ms)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90