HomeEkonomi

Wisata Halal Tourism Bisa Menggerakkan Ekonomi Jakarta Sebesar 20 Persen

Wisata Halal Tourism Bisa Menggerakkan Ekonomi Jakarta Sebesar 20 Persen

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyatakan akan menjadikan Jakarta sebagai kota dengan konsep pariwisata Halal Tourism. Hal tersebut disampaikan oleh Sandi pada saat memberikan sambutan pada acara Focus Group Discusion (FGD) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta di Sofyan Hotel, Menteng, Jum’at (10/11) 2017.

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, pihaknya tengah menggarap dua destinasi andalan di Jakarta, yakni Kota Tua dan Kepulauan Seribu. Dua destinasi ini telah masuk dalam Destinasi Nasional yang sudah masuk dalam 10 destinasi unggulan di Indonesia.

“Karena ini sudah ditetapkan masuk dalam destinasi nasional, dua kebetulan berada di Jakarta, kita fokus saja supaya ada keselarasan pemprov dan pemerintah pusat,” ucap Sandi saat di wawancara.

Baca Juga:  Anggota Parlemen Muslimah Australia Kenalkan Makanan Halal

Lanjut Sandi, kedua destinasi ini akan dibuat sedetail mungkin agar bisa menarik pariwisata dan bisa melahap lapangan kerja. Intinya, bisa membuat lapangan pekerjaan dan menjadikan Jakarta sebagai konsep pariwisata yang ramah.

Reza Artha Ketua MES DKI Jakarta memberikan sambutan

Baca juga: Jakarta Diproyeksikan Menjadi Pusat Ekonomi Syariah Dunia

“Teknisnya nanti dibicarakan lebih riil, tapi ada beberapa ide-ide seperti menyatukan koridor kota tua dengan pelabuhan sunda kelapa dan masjid kramat luar batam. Itu ada kisi-kisi wisata reliji, ada wisata sejarah. Ada juga mungkin dalam koridor kita masukkan kuliner-kuliner berbasis syariah,” lanjut Sandi.

Sementara dijelaskannya, untuk melakukan pertumbuhan ekonomi sebesar 20% Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan konsen di dua sektor. “DKI Jakarta fokus dan serius menggarap 2 sektor yang akan menjadi roda utama perekonomian rakyat, yaitu Satu Pariwisata, kedua adalah Ekonomi Kreatif.” terang Wakil Gubernur Sandiaga Uno dalam sambutannya.

Saat fose bersama peserta FGD, Panitia dan Para Narasumber

Sebelumnya, penyelenggaran FGD ini diinisiasi oleh MES DKI Jakarta Bidang I Halal Life Style diketuai oleh Kawendra Lukistian, serta Bidang IX Riset dan Pengembangan diketuai Safri Haliding. Dengan menghadirkan pembicara seperti Hafidz dari TIM P3H Kementerian Pariwisata RI, Kadis Pariwisata DKI Jakarta Tinia Budiarti, dan Ketua Umum MES DKI Jakarta Reza Arta.

Baca Juga:  Masyarakat Muslim Diminta Tidak Perlu Lagi Galau Terhadap Kehalalan Vaksin MR

Peserta FGD dengan tema “Halal Tourism In Jakarta” ini terdiri dari berbagai pelaku Bisnis di bidang pariwisata dan traveler se-DKI Jakarta. Adapun penyelenggara kegiatan ini, terkait strategi dan formulasi bagaimana mengembangkan pariwisata halal serta pengembangan ekonomi syariah dan halal business industries di DKI Jakarta. (aw)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: