Yaqut Cholil Qoumas: Masalah Global Strategi Penyelesaiannya Harus Bersekala Global Pula

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Menag Yaqut seperti  unggahan Instagram @nuonline_id menyampaikan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama bahwa masalah global, menghadapinya pun harus mengunakan strategi yang bersekala global pula.

Forum Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama. Dan kali ini sudah yang ke 21.

“Karena yang dihadapi adalah masalah global, maka strategi yang dibangun untuk mengatasinya pun harus bersekala global pula,” ung.kap Yaqut. Dikutip Jumat (04/11/22).

Baca Juga:  Besok Kemenag RI Gelar Kegiatan Rukyatulhilal Awal Ramadan 2021, Ini 86 Lokasinya

Forum akademis yang dihadiri para akademisi kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) itu mengangkat tema: “Future Religion in G-20, Digital Tranfomation, Knowledge Management and Social Resielience”. Diadakan di Mataram pada 20-22 Oktober lalu.

Menag dengan menggunakan bahasa metaforis menyampaikan keinginannya dengan berharap forum tersebut bisa mewujudkan peta jalan yang dapat dieksekusi dengan melibatkan para pemimpin dunia.

“Kita berharap, AICIS bisa menghasilkan peta jalan yang dapat dieksekusi dengan melibatkan para pemimpin dunia,” tuturnya dalam forum akademis tersebut.

Baca Juga:  Daftar 31 Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Berizin Baru dari Kemenag

Tidak hanya itu, Menag Yaqut juga menyampaikan bahwa dalam mewujudkan cita-cita tersebut bukan hanya dibutuhkan peran pemimpin agama, tapi juga perlu melibatkan pemimpin-pemimpin di bidang yang lain, pimpinan politik misalnya. Tidak eksklusif, tetapi inklusif. Jadi dibutuhkan kerjasama dari berbagai elemen.

“Bukan hanya pemimpin agama, dan bukan hanya agama Islam saja, tapi seluruhnya secara inklusif, termasuk para pemimpin politik dan organisasi-organisasi sosial dan pusat-pusat pendidikan, selebriti dan sebagainya,” tambahnya.***

 

 

Tinggalkan Balasan

banner 728x90