Yudo Margono Gantikan Andika Perkasa Sebagai Panglima TNI

SUARADEWAN.com – Presiden Joko Widodo melantik Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia pada hari Senin, 19/12/2022, di Istana Negara, Jakarta.

Dalam pelantikan tersebut Presiden mengambil sumpah jabatan panglima TNI yang baru tersebut. Presiden Joko Widodo juga berpesan agar Yudo Margono menjaga kedaulatan NKRI.

Presiden Joko Widodo mengingatkan agar TNI tidak terjerumus ke dalam politik praktis. Beliau menghimbau agar TNI tetap netral. Sinergi TNI dengan Polri juga harus ditingkatkan. Hal ini demi keamanan dan pembangunan Indonesia.

Presiden juga mengingatkan TNI Polri agar konflik Papua dapat diselesaikan dengan cara yang humanis dan tegas. Hal ini terutama berkaitan dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Adapun Yudo Margono sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL). Yudo Margono adalah lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1988.

Yudo Margono menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Andika Perkasa yang memasuki masa purnatugas.

Adapun sumpah dan janji Yudo Margono dalam bertugas sebagai Panglima TNI sebagai berikut:

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Yudo Margono menirukan sumpah yang dibacakan Presiden Joko Widodo.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Yudo Margono berjanji. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90